Tautan-tautan Akses

AS

Imam Masjid Connecticut Ditahan, Terancam Dideportasi


Papan bertuliskan "Cintai semua, jangan benci siapapun" di luar masjid di Meriden, Connecticut, 27 Februari 2016 (foto: dok). Hafiz Abdul Hannan, imam Masjid Al-Islam di New Haven, Connecticut, ditangkap hari Jumat (19/5) dan terancam dideportasi ke Pakistan.

Seorang Imam sebuah masjid negara bagian Connecticut ditahan oleh petugas imigrasi AS dan terancam dideportasi ke Pakistan.

Petugas Dinas Imigrasi dan Cukai AS (ICE) mengatakan Hafiz Abdul Hannan, imam Masjid Al-Islam di kota New Haven sejak 2013, ditangkap di rumahnya pada hari Jumat (19/5).

Sebelumnya ia dinyatakan bersalah karena memalsukan dokumen imigrasi dan akan ditahan sebelum dikeluarkan dari Amerika, kata Shawn Neudauer, juru bicara ICE.

Hannan dulunya pernah menjabat sebagai kepala bagian kerohanian di rutan Middlesex di Billerica, Massachusetts. Ia juga imam masyarakat Islam Greater Lowell di Chelmsford, negara bagian Massachusetts.

Hannan adalah salah satu dari 33 orang yang ditangkap pada tahun 2006 dalam penyelidikan nasional tentang imigran yang mengajukan aplikasi palsu untuk visa pekerja keagamaan. Saat itu, para pemimpin masyarakat Islam di Massachusetts mengatakan ada masalah administratif.

Tidak jelas apakah Hannan diwakili oleh seorang pengacara yang bisa berkomentar tentang kasusnya.

Postingan di situs masjid tersebut meminta anggota masjid tidak berbicara kepada media tentang masalah-masalah yang dihadapi Hannan.

Para pemimpin masjid "akan mengeluarkan pernyataan bila diperlukan, disertai penjelasan tentang masalahnya," tulis pengumuman tersebut. [dw]

XS
SM
MD
LG