Tautan-tautan Akses

Hungaria: Tembakan Peringatan Halau Migran Lintasi Perbatasan


Migran Suria berupaya melintasi pagar berkawat duri untuk memasuki perbatasan Serbia, dekat Roszke, Hungaria, 27 Agustus 2015. (Foto: dok).

Seorang penjaga keamanan, Selasa (28/1) melepaskan tiga tembakan peringatan setelah puluhan migran berusaha memasuki Hungaria melalui pos perlintasan perbatasan dengan Serbia, kata polisi Hungaria.

Polisi mengatakan mereka mampu menghentikan sebagian besar dari 60-70 migran memasuki Hungaria, sementara empat ditangkap di lokasi dan ditahan.

Pos perlintasan perbatasan di Roszke, desa di bagian selatan Hungaria, telah ditutup pada malam hari sewaktu para migran itu berupaya masuk.

Insiden itu terjadi di lokasi tempat terjadinya kerusuhan yang dilakukan para migran pada September 2015 sewaktu Hungaria menutup perbatasan selatannya dengan pagar berkawat duri. Menurut para pejabat, insiden itu merupakan upaya kekerasan yang luar biasa untuk menerobos perbatasan.

Pihak berwenang Hungaria menunjukkan dalam beberapa bulan ini ada peningkatan jumlah migran yang datang melewati negara-negara Balkan dan berupaya memasuki Hungaria. Banyak di antara mereka mengandalkan para penyelundup manusia dan berusaha mencapai Eropa Barat. [uh/lt]

XS
SM
MD
LG