Tautan-tautan Akses

Hujan Lebat di Jepang Selatan, Lebih 1 Juta Orang Mengungsi


Sungai Futami meluap akibat hujan lebat yang melanda Yatsushiro, Prefektur Kumamoto, Jepang barat daya, 3 Juli 2019, (Foto: Kyodo / via Reuters).

Pihak berwenang Jepang Rabu, memerintahkan lebih dari 1 juta warga di beberapa daerah di Pulau Kyushu, Jepang Selatan, mengungsi ke sejumlah tempat penampungan yang ditunjuk pemerintah. Perintah itu dikeluarkan terkait hujan lebat yang mengguyur kawasan tersebut sehingga dikhawatirkan mengakibatkan banjir dan tanah longsor.

Badan Penanggulangan Kebakaran dan Bencana Jepang mengatakan, perintah itu dikeluarkan di tiga kabupaten. Mereka juga mengatakan, perintah itu bukan merupakan saran, namun mereka yang melanggarnya tidak akan dikenai hukuman.

Hujan lebar mengguyur Jepang Selatan sejak Jumat malam pekan lalu. Seorang perempuan tua dikabarkan tewas akibat lumpu longsor terkait hujan itu di Kagoshima.Hujan itu juga mengakibatkan banjir yang menenggelamkan puluhan rumah.

Wakil Ketua Sekretaris Kabinet Kotaro Nogami mengatakan, 14.000 tentara disiagakan untuk membantu operasi SAR. Ia mendesak warga untuk berhati-hati dan segera mengungsi sebelum terlambat.

Badan Penanggulangan Kebakaran dan Bencana Jepang juga mengatakan peringatan tanah longsor telah dikeluarkan di tiga kabupaten di Jepamng Selatan itu karena intensitas hujan diperkirakan akan meningkat dalam beberapa hari mendatang.

Badan Meterologi Jepang mengatakan, hujan hingga setinggi 35 sentimeter diperkirakan akan tercurah hingga Kamis. [ab/uh]

Recommended

XS
SM
MD
LG