Tautan-tautan Akses

Hasil Industri AS Tahun Lalu Alami Kenaikan Terbesar sejak 2010


Para pekerja di pabrik mobil Cadillac di Detroit, Michigan (foto: ilustrasi).

Industri AS bangkit kembali pada tahun 2017, mencatat kenaikan hasil terbesar dalam tujuh tahun, dengan kenaikan terbesar di sektor pertambangan, kata Bank Sentral AS atau Federal Reserve Rabu (17/1).

Hasil industri naik 3,6 persen tahun lalu, dengan lonjakan 11,5 persen dalam aktivitas pertambangan, kenaikan terbesar untuk sektor tersebut sejak 2014.

Sektor manufakturing yang sangat penting membukukan kenaikan terbesar dalam enam tahun, naik 2,4 persen, kata Bank Sentral AS dalam laporan bulanannya.

Untuk bulan terakhir tahun ini, total produksi naik 0,9 persen dibandingkan November, berkat lonjakan besar dalam layanan umum untuk air, listrik, gas alam, telepon, dan kebutuhan lainnya, jauh lebih besar dari perkiraan analis yang paling optimistis.

Kenaikan bulanan itu termasuk kenaikan 1,6 dalam sektor pertambangan, terutama karena penambangan minyak dan gas, dan kenaikan produksi sebesar 0,1 persen, kenaikan keempat berturut-turut.

Kuartal keempat khususnya sangat kuat, melonjak 8,2 persen, mengingat Badai Harvey dan Irma telah mengganggu aktivitas industri pada kuartal sebelumnya. [as]

XS
SM
MD
LG