Tautan-tautan Akses

Harga bagi Akses Media ke Iran


Kepala BBC, Tony Hall berbicara di London.

Pada konferensi kebebasan pers global bulan lalu, kepala BBC Tony Hall memuji wartawan seksi Persia dalam jaringan BBC karena menentang pelecehan yang berulangkali dilakukan Iran.

Tetapi hanya beberapa hari setelah sambutannya pada 11 Juli itu, sebagian wartawan yang dipuji Hall menuduh media Inggris itu menyerah pada sensor Iran.

Dasar tuduhan wartawan itu adalah email yang bocor yang menunjukkan bahwa BBC mengirim tim wartawan ke Iran, dengan syarat BBC Persia tidak akan menyiarkan laporan itu ke pendengar di dalam negeri Iran.

Persatuan Wartawan Nasional Inggris mengkritik pengaturan itu, dan mengatakan itu memberi Iran kendali atas hasil produksi BBC Persia, dan mengirim pesan yang salah "tepat pada saat Iran meningkatkan pelecehan dan penganiayaan terhadap staf BBC Persia dan keluarga mereka."

BBC membela langkahnya, dan mengatakan pihaknya tetap memegang kendali penuh keredaksian atas berita-beritanya. Tetapi kontroversi itu menyoroti dilema yang dihadapi organisasi media lain ketika hendak meliput Iran, salah satu negara terburuk di dunia dalam hal kebebasan pers.

Kantor-kantor berita Barat yang bekerja di negara-negara yang represif sering menyetujui pembatasan terhadap akses staf dan siapa yang bisa mereka wawancarai. (ka/jm)

Lihat komentar (1)

Forum ini telah ditutup.
XS
SM
MD
LG