Tautan-tautan Akses

Hakim Kenakan Uang Jaminan $750 Ribu bagi 3 Polisi yang Sebabkan Kematian Floyd


Empat mantan polisi Minnesota yang dikenai dakwaan terkait tewasnya George Floyd, dari kiri: Derek Chauvin, J. Alexander Kueng, Thomas Lane dan Tou Thao.
Empat mantan polisi Minnesota yang dikenai dakwaan terkait tewasnya George Floyd, dari kiri: Derek Chauvin, J. Alexander Kueng, Thomas Lane dan Tou Thao.

Seorang hakim hari Kamis (4/6) menetapkan uang jaminan masing-masing $ 750.000 bagi tiga anggota kepolisian Minneapolis yang dituduh membantu dan bersekongkol dalam pembunuhan George Floyd.

Tou Thao, Thomas Lane dan J. Alexander Kueng hadir untuk pertama kalinya di Pengadilan Distrik Hennepin County (daerah setingkat kabupaten) sejak penangkapan mereka hari Rabu.

Departemen Kepolisian Minneapolis memecat mereka minggu lalu, bersama dengan Derek Chauvin, yang dituduh melakukan pembunuhan tingkat dua dan pembunuhan tidak disengaja tingkat dua dalam kematian Floyd pada 25 Mei. Video seseorang yang berada di TKP yang telah ditonton secara luas memperlihatkan polisi kulit putih itu menindih leher Floyd dengan lututnya, mengabaikan permohonan lelaki Afrika-Amerika itu bahwa dia tidak bisa bernapas, sampai dia berhenti bergerak.

Terdakwa biasanya tidak menyampaikan pengakuan bersalah atau tidak bersalah dalam kehadiran pertama mereka di pengadilan Minnesota, yang cenderung merupakan proses singkat. Hakim Paul Scoggin menetapkan tanggal sidang berikutnya pada 29 Juni.

Jika dinyatakan bersalah, Chauvin menghadapi ancaman hukuman penjara maksimum 40 tahun untuk tuduhan pembunuhan plus 10 tahun untuk tuduhan pembunuhan tidak disengaja.

Di bawah hukum Minnesota, membantu dan bersekongkol dalam pembunuhan tingkat dua dituduh sama dengan melakukan pembunuhan tingkat dua, sehingga Thao, Lane dan Kueng menghadapi kemungkinan hukuman yang sama seperti Chauvin jika terbukti bersalah.

Tanggal untuk sidang Chauvin belum ditentukan. Dia ditangkap pada 29 Mei. Tuntutan pidana terbaru terhadapnya mengatakan bahwa tindakannya merupakan “faktor substansial yang menyebabkan hilangnya kesadaran dan cedera tubuh bagi George Floyd, dan juga kematiannya.”

Bahasa dalam tiga tuntutan lainnya hampir sama dengan yang dikenakan pada Chauvin. [lt/jm]

XS
SM
MD
LG