Tautan-tautan Akses

Gempa Kuat Guncang Laut Karibia, Meksiko dan Belize


Peringatan tsunami dikeluarkan untuk Kepulauan Virgin AS dan Puerto Rico, setelah gempa berkekuatan 7,6 skala richter terjadi dekat Kepulauan Karibia milik Honduras, Selasa (9/1) malam, Reuters dan Associated Press melaporkan.

Pusat gempa berada 125 mil (202 kilometer) timur laut Barra Patuca di Honduras dan 191 mil (307 km) barat daya George Town di Kepulauan Cayman, menurut laporan Badan Survey Geologi Amerika atau U.S. Geological Survey.

Pusat Peringatan Tsunami Pasifik segera mengeluarkan peringatan tsunami setelah gempa, yang berlaku untuk Puerto Rico dan Kepulauan Virgin, dan memperingatkan gelombang tsunami bisa mencapai 1 meter di atas gelombang pasang. Gempa yang terjadi sangat dangkal, hanya 6.2 mil (10 km) di bawah permukaan tanah, hingga bisa memperkuat guncangan gempa.

Pusat Gempa 7.6 SR - 44km timur Pulau Great Swan, Honduras, 9 Januari 2018.
Pusat Gempa 7.6 SR - 44km timur Pulau Great Swan, Honduras, 9 Januari 2018.

Presiden Honduras Juan Orlando Hernandez melalui Twitter mengatakan Honduras sudah mengaktifkan sistem gawat darurat dan meminta warga tetap tenang, seperti dikutip Associated Press.

Gempa membuat jendela-jendela di Tegucigalpa, Ibu Kota Honduras, berderak, namun belum ada laporan kerusakan. Tegucigalpa terletak 323 mil (519 km) ke arah timur.

Gempa juga dirasakan di Ibu Kota Belize, Belize City, namun belum ada laporan mengenai kerusakan. [fw/au]

XS
SM
MD
LG