Tautan-tautan Akses

Gempa 7,5 Skala Richter Landa Papua Nugini


Warga Papua Nugini tinggal di lapangan terbuka pasca gempa bumi tanggal 1 Maret lalu (foto: dok). Gempa kembali melanda Selasa malam (14/5).
Warga Papua Nugini tinggal di lapangan terbuka pasca gempa bumi tanggal 1 Maret lalu (foto: dok). Gempa kembali melanda Selasa malam (14/5).

Gempa bumi dahsyat berkekuatan 7,5 Skala Richter melanda bagian pantai Papua Nugini Selasa malam (14/5), demikian menurut keterangan Badan Survei Geologi Amerika. Gempa ini memicu peringatan tsunami di seluruh kawasan pesisir hingga radius 1.000 kilometer.

Gempa relatif dangkal di kedalaman 10 kilometer ini terjadi 45 kilometer timur laut Kokopo, sebuah kota terpencil dengan populasi sekitar 26.000 jiwa. Gempa dangkal umumnya menyebabkan lebih banyak kerusakan di permukaan bumi, tetapi USGS memperkirakan kerusakan dan jumlah korban akan rendah karena merupakan daerah jarang penduduk.

Pusat Peringatan Tsunami Pasifik di Amerika mengatakan gelombak tsunami setinggi satu meter diperkirakan akan terjadi di sepanjang wilayah pantai, termasuk di Papua Nugini dan Kepulauan Solomon. Tidak ada ancaman tsunami ke Hawaii atau Guam.

Papua Nugini terletak di bagian timur pulau Nugini, di sebelah timur Indonesia, yang merupakan bagian “Cincin Api” Pasifik atau busur sesar seismik di sekitar Samudera Pasifik di mana gempa bumi dan aktivitas gunung berapi kerap terjadi.

Gempa berkekuatan 7,5 pada Februari 2018 lalu di bagian tengan Papua Nugini menewaskan sedikitnya 125 orang dan memaksa lebih dari 35.000 orang mengungsi. (em)

Recommended

XS
SM
MD
LG