Tautan-tautan Akses

AS

Foto Lama Berkonotasi Rasis Muncul, Pejabat Pemilu di Florida Mundur


Michael Ertel, pejabat pemilihan umum negara bagian Florida yang mengundurkan diri (foto: dok).

Seorang pejabat pemilihan umum (setingkat KPUD.red) di Florida mengundurkan diri hari Kamis (24/1) setelah sebuah suratkabar setempat memasang foto dirinya yang tampil dalam sebuah acara Halloween 14 tahun lalu dalam kostum yang mengolok-olok korban badai Katrina dan menghitamkan wajahnya.

Pejabat pemilihan umum negara bagian Florida, Michael Ertel yang baru menjabat kurang dari tiga minggu, mengundurkan diri hanya beberapa jam setelah ia memberi kesaksian terhadap sebuah gugatan hukum pemilu di hadapan komite pemilihan legislatif Florida.

Suratkabar The Tallahassee Democrat memasang foto-foto Ertel dalam sebuah pesta Halloween 14 tahun lalu, yang menunjukkan Ertel mengenakan pakaian perempuan lengkap dengan payudara palsu, anting-anting, bandana berwarna kuning dan wajah yang dihitamkan.

Pakaian yang dikenakannya jelas bertuliskan kata “Korban Katrina.” Foto-foto itu diambil dalam pesta Halloween yang hanya berselang dua minggu setelah badai dahsyat yang menelan sedikitnya 1.800 itu meluluhlantakkan sebagian Florida dan Louisiana pada tahun 2005.

Ertel, yang sebelumnya menjabat sebagai pengawas pemilu di Seminole County, diangkat oleh gubernur baru Florida Ron DeSantis bulan lalu untuk mengawasi jalannya pemilihan umum. DeSantis mengatakan Ertel menyesal mengenakan kostum dan menghitamkan wajahnya, tetapi menambahkan bahwa ia telah mengambil langkah yang tepat dengan mengundurkan diri setelah foto-foto itu tersebar luas.

Selama kampanye untuk memperebutkan posisi gubernur negara bagian itu, DeSantis dikecam Partai Demokrat karena kerap membuat pernyataan yang memecah belah tentang Walikota Tallahassee Andrew Gillum.

Ertel diangkat sebagai pengawas pemilu di Seminole Conty pada tahun 2005 oleh gubernur saat itu, Jeb Bush, yang kemudian memenangkan empat pemilihan gubernur.

DeSantis tahun lalu mengalahkan Walikota Tallahassee Andrew Gillum, yang berupaya menjadi gubernur kulit hitam pertama di Florida.

“Blackface” adalah make-up yang digunakan oleh para pemain teater awal abad ke-19, yang umumnya didominasi warga kulit putih, untuk menggambarkan sosok warga kulit hitam. Praktik ini berlanjut hingga abad ke-20, meskipun perlahan-lahan mulai bergulir menjadi stereotip rasial dan dinilai sebagai hal yang sangat ofensif.

Pembawa acara NBC Megyn Kelly yang pada siaran televisi Oktober 2018 membela penggunaan kostum atau make-up ala “blackface” dalam pesta-pesta Halloween dikecam keras masyarakat. Ia mengundurkan diri dari NBC dua hari setelah pernyataan tersebut. (em)

XS
SM
MD
LG