Tautan-tautan Akses

Filipina Kerahkan Pesawat Sumbangan Jepang ke Karang yang Disengketakan


Scarborough Shoal, kawasan karang yang disengketakan di Laut Cina Selatan.

Militer Filipina menerbangkan sebuah pesawat patroli sumbangan Jepang ke sebuah kawasan karang yang disengketakan dengan China di Laut Cina Selatan.

Menurut sejumlah pejabat militer Filipina, aksi di Scarborough itu tidak mendapat perlawanan China yang menjaga kawasan karang itu.

Komando Luzon Utara Militer Filipina, mengatakan pesawat Beechcraft King Air C90 itu terbang rendah hingga 240 meter di atas Scarborough. Pesawat itu sempat melihat keberadaan sembilan kapal China, termasuk empat kapal garda pantai China dan empat kapal nelayan Filipina.

Sebelumnya bulan ini, sebuah kapal perusak bermisil milik AS berlayar dekat Scarborough untuk menunjukkan kebebasan bernavigasi. Aksi itu memicu protes dari China yang mengatakan akan mengambil tindakan yang diperlukan untuk melindungi kedaulatan wilayahnya. Kapal USS Hopper itu berlayar hingga masuk wilayah 12 mil laut dari Scarborough tanpa izin China.

China menguasai Scarborough pada tahun 2012 setelah terlibat pertikaian dengan kapal-kapal Filipina. Kawasan karang kecil itu terletak sekitar 200 kilometer dari Pulau Luzon, Filipina, dan sekitar 600 kilometer dari bagian tenggara China. [ab/uh]

XS
SM
MD
LG