Tautan-tautan Akses

AS

FBI Tangkap Pria AS yang Rencanakan Serangan Teror di San Francisco


Warga AS menonton lomba layar di Dermaga no. 39 yang terkenal di San Francisco, California (foto: ilustrasi).

Dinas penyidik federal Amerika atau FBI telah menangkap seorang warga Amerika yang katanya berkomplot untuk melancarkan serangan teroris di sebuah tempat yang populer bagi turis di San Francisco pada hari Natal.

Pejabat federal mengatakan hari Jumat (22/12) bahwa orang itu bernama Everitt Aaron Jameson, penduduk kota Modesto di California.

Jameson dilaporkan mengatakan kepada seorang agen rahasia FBI bahwa ia berencana menyerang Dermaga no. 39 yang terkenal di San Francisco dengan meledakkan bom dari jauh dan kemudian menembaki orang-orang yang melarikan diri karena ketakutan.

Laporan FBI itu mengatakan, Jameson “punya kepercayaan jihadis yang radikal”, termasuk memasang postingan di media sosial yang mendukung aksi teror, berkomunikasi dengan orang-orang yang dianggapnya punya pandangan jihadis dan menawarkan bantuan kepada orang-orang itu.

Jameson, tanpa diketahuinya, minta bantuan dari agen rahasia FBI itu untuk mendapatkan senapan serbu, amunisi, bahan peledak, pipa dan paku untuk membuat bom pipa.

Jameson pernah menjadi anggota marinir Amerika tahun 2009 dan mendapat latihan sebagai penembak jitu, tapi ia kemudian dipecat karena tidak melaporkan bahwa ia berpenyakit asma. [ii]

Opini Anda

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG