Tautan-tautan Akses

Emas Capai Rekor Tinggi Ketika Investor Upayakan Investasi Aman 


Seorang anggota staf meletakkan perhiasan emas di sebuah pajangan sebuah toko di Hangzhou, di provinsi Zhejiang timur Cina pada 27 Juli 2020.

Emas, hari Senin (27/7) melonjak ke rekor tertinggi karena investor bergegas mencari komoditas yang aman di tengah kekhawatiran akan meningkatnya ketegangan China-AS, melonjaknya infeksi virus dan absennya kemajuan RUU stimulus baru di Washington.

Analis dari perusahaan kajian spekulasi ekonomi, Spreadex, Connor Campbell mengatakan emas selalu jadi indikator adanya masalah.Harga emas, hari Senin terus naik dan komoditas yang aman ini menjadi sangat menarik setelah akhir pekan yang mengkhawatirkan terkait Covid-19 diikuti berita utama mengenai hubungan AS-China.

Melemahnya dolar ikut menjadi faktor naiknya harga emas setelah langkah-langkah pelonggaran moneter yang diberlakukan Bank Sentral AS merusak kepercayaan pada dolar.

Harga emas mencapai titik tertinggi sepanjang sejarah, $ 1.944 per ons jauh di atas rekor sebelumnya yakni $ 1.921 pada 2011. Harga emas kemudian menurun sedikit.

Hubungan antara kedua negara adikuasa mengalami kemunduran setelah misi diplomatik AS di Chengdu diperintahkan untuk ditutup sebagai balasan atas penutupan konsulat China di Houston, Texas. [my/jm]

Lihat komentar

XS
SM
MD
LG