Tautan-tautan Akses

Dubes AS untuk PBB: Amerika Ambil Langkah Lebih Asertif di PBB


Duta Besar A.S. untuk PBB Nikki Haley bersaksi di Capitol Hill di Washington, Rabu, 28 Juni 2017, sebelum sidang Komite Luar Negeri DPR: 'Memajukan Kepentingan A.S. di Perserikatan Bangsa-Bangsa'. (AP Photo / Andrew Harnik)

Duta Besar Amerika untuk PBB Nikki Haley, Rabu (28/6) mengatakan kepada panel Kongres bahwa Amerika kini mengambil peran yang lebih asertif di badan dunia itu untuk meminta pertanggungjawaban Korea Utara, Suriah, Venezuela dan rejim otoriter lainnya.

“Sahabat-sahabat dan pesaing kita tahu bahwa Amerika telah memiliki suara lagi di PBB,” ujar Haley pada Komisi Urusan Luar Negeri DPR. “Masyarakat internasional sekarang sangat jelas tentang apa yang diperjuangkan dan apa yang ditentang Amerika.”

Haley, mantan gubernur South Carolina yang telah berdinas di PBB selama lima bulan ini, mengatakan telah berhasil mendorong Dewan Keamanan PBB untuk mengambil tindakan tambahan terkait uji misil dan pengembangan senjata nuklir Korea Utara yang masih terus berlanjut, dan menarik “garis merah” terkait penggunaan senjata kimia Suriah, yang mendorong Presiden Donald Trump meluncurkan serangan misil terhadap rejim Presiden Bashar Al Assad itu. [em/ds]

XS
SM
MD
LG