Tautan-tautan Akses

Dokter, Insinyur Belanda Kembangkan Masker Cerdas


Peneliti Holst Center, Ashok Sridhar (kanan) menjelaskan "masker cerdas" di Eindhoven, Belanda (foto: dok).

Para Dokter dan insinyur di Belanda mengatakan mereka sedang membuat "masker cerdas." Masker itu menggunakan sensor dan data untuk memantau suhu dan pernapasan pemakainya dan memberi peringatan jika masker perlu diganti.

Meskipun masih dalam tahap pengembangan, para peneliti di Holst Center, laboratorium independen untuk penelitian dan pengembangan teknologi di kota Eindhoven, mengatakan masker itu mampu memantau tanda-tanda penting, selain menyensor kelembapan yang bisa menunjukkan apakah masker itu berfungsi dengan baik.

Inti teknologi itu sudah dikembangkan dalam proyek penelitian gabungan dengan berbagai kemitraan untuk menjual masker cerdas ini. Peneliti Holst Center, Ashok Sridhar mengatakan masker ini dirancang dengan aplikasi praktis untuk menunjukkan apakah pemakainya pada dasarnya sehat.

Masker cerdas menggunakan perangkat sensor (foto: dok).
Masker cerdas menggunakan perangkat sensor (foto: dok).

Sridhar mengatakan masker ini juga akan memberi tahu pemakainya bagaimana kinerja masker itu sendiri. Ia mengatakan orang cenderung membeli masker dan memakainya lebih lama dari seharusnya.

“Dengan mengukur kelembapan filternya, kita juga bisa tahu bahwa masker itu tidak bisa digunakan lagi. Tujuannya adalah mengganti masker itu untuk mempertahankan keefektifannya."

Masker ini sedang melalui tahap pengujian, dan para peneliti berharap bisa menambahkan fungsinya lebih jauh, seperti memberi tahu pengguna ketika mereka menghirup zat beracun.

Masker ini menggunakan sensor fleksibel yang dicetak pada kain. Para peneliti mengatakan Holst Center memelopori teknologi elektronik cetak ini. Mereka menggunakannya untuk mengembangkan T-shirt yang bisa memantau tanda-tanda penting pemakainya dalam latihan atletik dan melaporkannya kembali kepada pengguna melalui laptop atau telepon pintar ya. [my/ka]

Lihat komentar

Recommended

XS
SM
MD
LG