Tautan-tautan Akses

AS

Depkeh AS Dakwa Kontraktor Pemerintah Karena Curi Informasi Rahasia


Kantor Badan Keamanan Nasional di Fort Meade, Maryland.

Pejabat federal mengatakan tindakannya mungkin termasuk pencurian terbesar informasi rahasia pemerintah dalam sejarah.

Departemen Kehakiman Amerika Serikat telah mendakwa seorang kontraktor pemerintah dari Badan Keamanan Nasional karena “dengan sengaja mengambil informasi pertahanan nasional” dengan mengatakan ia mencuri dan menyimpan informasi rahasia di lokasi tidak aman selama lebih dari dua dekade.

Tersangka Harold Thomas Martin, 52, didakwa hari Rabu (8/2) oleh dewan juri federal. Pejabat federal mengatakan tindakannya mungkin termasuk pencurian terbesar informasi rahasia pemerintah dalam sejarah.

Martin sebelumnya adalah karyawan kontraktor pemerintah Booz Allen Hamilton ketika ia ditahan Agustus lalu. Ia lolos pemeriksaan keamanan untuk kerahasiaan. Jaksa pemerintah mengatakan Martin telah mencuri dokumen-dokumen rahasia dari pemerintah sejak 1993 dan menyimpannya di mobil dan rumahnya di pinggiran kota Washington DC.

Booz Allen Hamilton juga adalah majikan pembocor rahasia terkenal Edward Snowden, yang membocorkan informasi rahasia kepada media tahun 2013 dan sedang berada di pengasingan di Rusia. [my/al]

XS
SM
MD
LG