Tautan-tautan Akses

AS

Demokrat Ingin Rebut 4 Kursi Republik di Orange County, California


Kandidat untuk Kongres dari Partai Demokrat, Harley Rouda, menyapa para pendukungnya di Huntington Beach, California, 14 Oktober 2018. Rouda maju ke pemilihan mewakili Orange County yang secara tradisional dikenal sebagai daerah partai Republik. Dia melawan petahana dari Partai Republik, Dana Rohrabacher.

Gerakan Partai Demokrat untuk menguasai DPR AS pada November mendatang bisa berhasil atau gagal di pantai California. Partai Demokrat menyasar empat kursi yang dikuasai Partai Republik di Orange County, Los Angeles tenggara, yang pernah dimenangkan Hillary Clinton dalam pemilihan presiden 2016.

Selama beberapa dekade, Orange County di California dikenal sebagai kubu Partai Republik. Tetapi sejalan dengan perkembangan zaman daerah ini secara bertahap dalam politiknya berkembang menjadi lebih beragam dan condong pada Partai Demokrat.

Kedai panggang Korea dan toko roti Meksiko di sepanjang jalan di daerah ini mewakili penduduknya yang lebih beragam dan pergeseran politik.
Kehilangan salah satu dari empat kursi akan menjadi pukulan bagi Partai Republik, yang menganggap Orange county itu sebagai wilayah yang konservatif .

Sebuah tanda perubahan ada di Distrik ke-39. Di distrik itu, Ed Royce, anggota DPR Partai Republik yang sudah lama bertugas, pensiun.
Royce berkulit putih. Tapi persaingan untuk menggantikannya mempertemukan Gil Cisneros, seorang anggota Partai Demokrat keturunan Hispanik, melawan Young Kim, seorang imigran Korea anggota Partai Republik.

"Ini bukan distrik yang sama seperti 15 atau bahkan 10 tahun yang lalu. Demografi telah berubah secara luar biasa. Ini adalah distrik mayoritas minoritas. Ada populasi Latin besar yang sekarang tinggal di distrik 39,” kata Gil Cisneros.

“Populasi Asia yang besar juga ada di distrik 39. Selagi demografi berubah demikian pula halnya dengan pendaftaran pemilih. Pemilih yang terdaftar sekarang hampir terbagi sama besar antara Partai Demokrat dan Partai Republik," imbuhnya.

Sebuah poster kampanye dari kandidat keturunan Vietnam untuk pemilihan kembali di Garden Grove, Little Saigon, Orange County, California, 3 Oktober 2018
Sebuah poster kampanye dari kandidat keturunan Vietnam untuk pemilihan kembali di Garden Grove, Little Saigon, Orange County, California, 3 Oktober 2018

Orange County mungkin tidak tampak seperti pertarungan untuk mengendalikan Kongres. Dalam budaya populer daerah ini sering dikenal dengan singkatan "O.C." dan dikenal sebagai daerah kantong kaya dengan penduduknya tinggal di lereng bukit yang menghadap ke Samudra Pasifik.

Meski demikian Raphael Sonenshein, direktur eksekutif Institut Pat Brown untuk Urusan Publik di California State University, Los Angeles mengatakan orang sering melupakan silsilah politik daerah itu, sebuah daerah pinggiran Partai Republik yang kaya dipandang sebagai blok fondasi dalam gerakan konservatif modern dan kebangkitan revolusi Reagan.

"Kelas menengah, pemilih kulit putih yang terasingkan oleh liberalisme nasional dan terjun dalam sistem dan akhirnya membangun gerakan Ronald Reagan," kata Raphael Sonenshein.

Namun seiring waktu beberapa kecenderungan telah membuat daerah itu lebih menguntungkan bagi Demokrat termasuk lebih banyak warga Latin dan Asia yang mendaftar sebagai independen dan lebih sedikit anggota Partai Republik, ujar Sonenshein.

Partai Demokrat pada November mendatang perlu merebut total 23 kursi untuk bisa mengendalikan DPR. [my]

XS
SM
MD
LG