Tautan-tautan Akses

AS

Curi Dana Kampanye, Mantan Anggota Kongres Dihukum Penjara 11 Bulan


Mantan anggota Kongres AS Duncan Hunter meninggalkan pengadilan federal setelah dijatuhi hukuman 11 bulan penjara setelah mengaku bersalah menggunakan dana kampanye untuk keperluan pribadi, di San Diego, California, 17 Maret 2020. (Foto: Reuters)

Seorang hakim federal, Selasa (17/3) menjatuhi mantan anggota Kongres Duncan Hunter, dengan hukuman 11 bulan penjara. Anggota Partai Republik dari California itu dihukum setelah mengaku bersalah mencuri dana kampanye.

Hakim menolak permohonan banding dari para pengacara Hunter agar mantan marinir itu menjalani tahanan rumah daripada di penjara. Para pengacara itu mengutip pengabdiannya di Irak dan Afghanistan serta enam periode jabatannya di DPR. Hakim mengatakan kelonggaran semacam itu bukan sebuah pilihan.

"Vonis hari ini menekankan bahwa kebenaran masih berarti dan fakta-fakta masih berarti," kata Asisten Jaksa Amerika, Phil Harpen yang menambahkan ia puas dengan vonis tersebut.

Para jaksa mengatakan Hunter menggunakan sekitar $250 ribu dana kampanye untuk penggunaan pribadi. Termasuk menyelenggarakan pesta-pesta ulang tahun dan pembelian yang tidak besar jumlahnya seperti buku-buku lelucon dan tembakau kunyah yang dikemas dalam kaleng kecil.

Hunter mundur dari jabatannya di Kongres pada Desember, beberapa hari setelah mengaku bersalah dengan mengatakan ia ingin menghindari proses pengadilan. [my/pp]

Lihat komentar

XS
SM
MD
LG