Tautan-tautan Akses

China Jatuhkan Sanksi Terhadap 11 Politisi dan Ketua Organisasi Berpengaruh AS


Juru bicara Kementerian Luar Negeri China, Zhao Lijian. (Foto: dok).

China mengumumkan telah menjatuhkan sejumlah sanksi terhadap 11 politisi dan ketua organisasi advokasi untuk demokrasi dan HAM Amerika Serikat. Mereka yang dijatuhi sanksi-sanksi itu termasuk Senator Marco Rubio dan Senator Ted Cruz.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri China, Zhao Lijian, Senin (10/8) mengatakan, kesebelas orang tersebut dinilai telah “bersikap buruk” terhadap negara itu terkait isu-isu mengenai Hong Kong.

Belum ada tanggapan resmi dari pemerintah AS terhadap langkah terbaru Beijing ini. Namun banyak pihak menilai, keputusan China ini merupakan pembalasan terhadap mereka yang mempersoalkan penumpasan suara-suara oposisi di Hong Kong, menyusul pemberlakuan UU keamanan nasional di kawasan semiotonom itu bulan lalu.

Jumlah orang Amerika yang dikenai sanksi itu sama dengan jumlah pejabat Hong Kong dan China yang masuk daftar yang dikenai sanksi oleh AS, pekan lalu, terkait penumpasan suara oposisi di Hong Kong.

China sendiri menunjukkan sikap membangkang terhadap tekanan itu, Senin, dengan menangkap taipan media Jimmy Lai dan menggerebek kantor pusat penerbitan medianya.

Nama-nama lain yang disebutkan Kementerian Luar Negeri China juga dijatuhi sanksi adalah Senator Josh Hawley, Senator Tom Cotton dan anggota DPR Chris Smith. Pemimpin tertinggi organisasi-organisasi seperti National Endowment for Democracy, Freedom House, dan Human Rights Watch juga disebutkan masuk daftar tersebut.

Hingga saat ini belum jelas apa sanksi-sanksi yang dijatuhkan terhadap mereka. Bulan lalu, Beijing memberlakukan larangan berkunjung ke China bagi Rubio, Cruz dan Smith setelah Washington mengumumkan langkah serupa terhadap sejumlah pejabat China terkait tindakan-tindakan yang diambil Beijing terhadap Muslim di Xinjiang, China. [ab/uh]

Lihat komentar (1)

Forum ini telah ditutup.

Recommended

XS
SM
MD
LG