Tautan-tautan Akses

China Imbau Washington Segera Akhiri Perang Dagang


Dalam foto 9 November 2017 ini, Presiden AS Donald Trump berbincang dengan Presiden Tiongkok Xi Jinping saat upacara penyambutan di Aula Besar Rakyat di Beijing. (Foto: AP/Andy Wong)

Pemerintah China mengimbau Amerika Serikat untuk merundingkan penyelesaian masalah perang tarif antara kedua negara. Meski demikian, imbauan tersebut tidak memberikan indikasi mengenai langkah-langkah tambahan yang diinginkan Negara Tirai Bambu itu sebelum melaksanakan, apa yang dikatakan oleh Presiden Donald Trump adalah janji, untuk membeli produk pertanian Amerika senilai hingga AS$50 miliar

Seorang juru bicara Kementerian Perdagangan, Gao Feng, hari Kamis (17/10) mengatakan bahwa mencapai “hasil secara bertahap” akan mengembalikan kepercayaan bisnis dan membantu menstabilkan ekonomi global.

Jumat lalu, Trump sepakat untuk menunda rencana kenaikan tarif dan mengatakan Beijing akan membeli produk-produk ekspor Amerika. Namun, kedua pihak belum membuat kesepakatan di atas kertas.

Gao tidak memberikan indikasi apakah Beijing menginginkan negosiasi tambahan atau pencabutan tarif hukuman yang sudah ada sebelum memulai pembelian. [lt/uh]

Recommended

XS
SM
MD
LG