Tautan-tautan Akses

Laporan: China Bongkar Operasi CIA, Tewaskan Informan


ARSIP - Lobby Markas Besar CIA di McLean, Virginia, 14 Agustus 2008 (foto: REUTERS/Larry Downing)

Pemerintah China ““secara sistematis telah membongkar” operasi pengintaian CIA di China sejak akhir 2010 sebagaimana dilaporkan oleh The New York Times.

The New York Times melaporkan bahwa pemerintah China “secara sistematis membongkar” operasi pengintaian CIA di China sejak akhir 2010. Times melaporkan bahwa pemerintah China menewaskan atau memenjara sedikitnya belasan sumber-sumber CIA dalam dua tahun berikutnya.

Surat kabar itu mengutip 10 pejabat dan mantan pejabat AS, yang menggambarkan pembongkaran intelijen itu sebagai salah satu yang terburuk dalam puluhan tahun. Mereka berbicara dengan syarat identitasnya dirahasiakan.

Laporan yang dirilis Sabtu itu mengatakan dinas-dinas intelijen dan penegak hukum AS berusaha keras untuk membendung kerugian yang ditimbulkan, namun mereka terpecah mengenai penyebab pembongkaran itu. Sebagian penyidik meyakini ada seorang agen ganda dalam tubuh CIA. Sedangkan yang lainnya meyakini China telah meretas sistem samaran yang digunakan CIA untuk berkomunikasi dengan sumber-sumber asing.

CIA menolak berkomentar. [vm]

XS
SM
MD
LG