Tautan-tautan Akses

China-AS Saling Serang setelah Koran China Tolak Terbitkan Opini Dubes AS


Duta Besar AS untuk China, Terry Branstad

China dan Amerika saling serang tentang siapa yang paling memahami kebebasan pers ketika Menteri Luar Negeri Amerika Mike Pompeo mengkritik surat kabar resmi Partai Komunis China yang berkuasa karena menolak menerbitkan opini editorial duta besar Amerika untuk China.

Kedua pihak saling melontarkan kecaman di tengah hubungan yang memburuk dengan cepat antara dua ekonomi terbesar di dunia itu menjelang pemilihan presiden Amerika pada 3 November. Mereka berselisih soal perdagangan, HAM, dan pandemi COVID-19.

"Tanggapan People's Daily sekali lagi mengungkap ketakutan Partai Komunis China terhadap kebebasan berpendapat dan debat intelektual yang serius. Itu juga bentuk kemunafikan Beijing yang mengeluhkan perlakuan yang tidak adil dan setimpal di negara lain," kata Pompeo dalam pernyataan Rabu malam.

Penolakan People's Daily itu muncul setelah Amerika memutuskan akan mencabut lebih dari 1.000 visa warga negara China minggu ini. Kedua negara juga membatasi atau mencabut visa wartawan dari masing-masing negara.

Artikel berjudul "Menata Ulang Hubungan Berdasar Imbal Balik", opini yang ditulis Duta Besar Terry Branstad merujuk pada ketidakseimbangan hubungan Amerika-China. Ia mengatakan, perusahaan-perusahaan Amerika, wartawan, diplomat, dan bahkan masyarakat madani dirugikan akibat ketidaksetaraan akses di China.

Ketika menolak artikel itu, People's Daily menulis surat dan mengatakan, artikel diplomat Amerika itu tidak memenuhi standar.

Dalam pernyataan hari Kamis, harian itu mengatakan, mereka berhak, seperti media Amerika, untuk memutuskan artikel yang diterbitkannya dan untuk melakukan pengeditan yang diperlukan. Surat kabar itu menilai pernyataan Pompeo sebagai serangan kejam terhadap media China.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Zhao Lijian mengatakan duta besar China di Washington, yang sering muncul di media Amerika, tidak pernah mencoreng negara tempatnya bertugas dan berkomitmen meningkatkan pertukaran dan kerja sama yang bersahabat.[ka/jm]

Lihat komentar (4)

Recommended

XS
SM
MD
LG