Tautan-tautan Akses

Blogger Vietnam Yang Dibebaskan Tiba di AS


Blogger Nguyen Ngoc Nhu Quynh (tengah) saat hadir dalam sidang pengadilan di provinsi Khanh Hoa, Vietnam (foto: dok).

Seorang blogger terkenal Vietnam yang dianggap pembangkang oleh pemerintah komunis di negaranya telah tiba di AS.

Nguyen Ngoc Nhu Quynh disambut oleh para pendukungnya yang antusias, anggota keluarga dan para wartawan ketika tiba, Kamis pagi, di bandara internasional George Bush di Houston, Texas, didampingi dua anaknya dan ibunya.

Quynh, yang meyebut dirinya "Mother Mushroom" atau “Ibu Jamur” dalam blognya, sering menulis mengenai masalah HAM dan polusi industri sebelum ditangkap Oktober 2016 dan dihukum 10 tahun penjara.

Pembebasannya pada Rabu (17/10) bertepatan dengan lawatan Menteri Pertahanan AS Jim Mattis ke Vietnam. Departemen Luar Negeri AS mengatakan, Rabu, Quynh secara jelas menyatakan ia ingin pergi KE AS jika ia dibebaskan dari penjara.

Ia mengatakan kepada wartawan tidak lama setelah kedatangannya di Houston, bahwa ia memilih AS karena tidak ada negara yang lebih peduli mengenai masalah HAM daripada AS.

Perjuangan Quynh menarik perhatian internasional. Tahun lalu, ia dianugerahi secara in absentiaPenghargaan Perempuan Berani. Penghargaan itu diserahkan oleh ibu negara AS Melania Trump. (ab/uh)

Recommended

XS
SM
MD
LG