Tautan-tautan Akses

Bill English Terpilih Jadi Perdana Menteri Selandia Baru


Perdana Menteri Selandia Baru yang baru, Bill English, dalam sebuah konferensi pers di Wellington (5/12). (Reuters/Charlotte Greenfield)

English dipuji karena berhasil menangani perekonomian Selandia Baru ketika menjabat sebagai menteri keuangan.

Mantan petani dan menteri keuangan Selandia Baru, Bill English, hari Senin (12/12) dilantik sebagai perdana menteri ke-39 negara itu, setelah mitra-mitranya di parlemen memilihnya sebagai pemimpin yang baru.

English meraih kemenangan dalam pertemuan kaukus konservatif Partai Nasional. Dua kandidat lain mengundurkan diri pekan lalu setelah English meraih lebih banyak dukungan dibanding mereka. English akan dilantik Senin siang.

Terpilihnya English ini menambah kejutan baru setelah pengunduran diri John Key pekan lalu setelah delapan tahun menjabat sebagai perdana menteri.

Key adalah pemimpin yang disukai dan diperkirakan akan ikut bertarung dalam pemilu keempat tahun depan. Tetapi ia mengatakan ingin mundur selagi masih berada di puncak kekuasaan dan menghabiskan lebih banyak waktu dengan istri dan kedua anaknya.

English yang berusia 54 tahun memiliki gelar sarjana dalam bidang perdagangan dan literatur. Ia dipuji karena berhasil menangani perekonomian Selandia Baru ketika menjabat sebagai menteri keuangan.

Angka pertumbuhan tahunan Selandia Baru mencapai lebih dari 3 persen, sementara angka pengangguran turun di bawah 5 persen. English juga berhasil mengembalikan sedikit surplus yang diperoleh pemerintah dalam beberapa tahun terakhir. [em]

XS
SM
MD
LG