Tautan-tautan Akses

Beberapa Misi Diplomatik di Australia Terima Paket Mencurigakan


Hazmat dan tim pemadam kebakaran terlihat di luar Konsulat India dan Perancis di St Kilda Road, Melbourne, Australia, 9 Januari 2019. Staf telah dievakuasi ketika kru darurat menanggapi sejumlah insiden yang melibatkan konsulat asing di Melbourne.

Pihak berwenang di Australia sedang menyelidiki beberapa paket mencurigakan yang dikirim ke beberapa kedubes dan konsulat asing di ibukota, Canberra, dan Melbourne.

Laporan-laporan menyebutkan, paket-paket itu ditemukan di misi-misi diplomatik AS, Inggris, Swiss, Pakistan dan Mesir yang berbasis di Melbourne. Sejumlah pejabat di konsulat AS dan Inggris secara terpisah mengukuhkan menerima paket-paket tersebut.

Vic Emergency, badan tanggap darurat pemerintah di negara bagian Victoria, di mana Melbourne menjadi ibukotanya, melaporkan sedikitnya ada 10 insiden terkait bahan berbahaya di kota itu, termasuk di dekat konsulat-konsulat Jerman, India, Italia dan Spanyol. Tim tanggap darurat telah dikirim ke konsulat India setelah sebuah paket mencurigakan dilaporkan ditemukan di sana.

Pihak berwenang belum mengidentifikasi misi-misi diplomatik negara apa di Canberra yang ditarget.

Paket-paket itu sedang diperiksa secara seksama namun diyakini tidak berbahaya. Kepolisian Federal Australia mengatakan insiden-insiden itu sedang diselidiki. [ab]

XS
SM
MD
LG