Tautan-tautan Akses

AS

Badai Sally Landa Pantai Teluk AS, Setengah Juta Orang Tanpa Listrik


Banjir yang dipicu oleh badai Sally, menggenangi jalanan di Pensacola, Florida, 1 September 2020. .(AP Photo/Gerald Herbert)

Lebih dari 500 ribu warga di kawasan pesisir negara bagian Alabama dan Florida tidak mendapat aliran listrik hari Kamis (17/9) setelah Badai Sally menerjang daerah itu, meninggalkan jejak kehancuran.

Sally mencapai daratan pada Rabu pagi (16/9) sebagai badai kategori 2 di dekat kota Gulf Shores, Alabama, dan perlahan-lahan bergerak melewati negara bagian itu menuju kawasan barat laut Florida. Angin berkecepatan 165 km/jam dan hujan lebat yang menyertai badai itu menimbulkan banjir di beberapa kota kecil, merobohkan tiang-tiang listrik serta menghancurkan rumah dan tempat-tempat usaha.

Tony Kennon, Wali Kota Orange Beach, Alabama, mengatakan kepada media bahwa badai itu menyebabkan satu orang tewas dan satu lainnya hilang.

Banjir akibat Badai Sally di pusat kota Pensacola, Florida, 16 September 2020.
Banjir akibat Badai Sally di pusat kota Pensacola, Florida, 16 September 2020.

Para petugas darurat menyelamatkan sedikitnya 377 orang di Kabupaten Escambia, Florida, lokasi tempat liburan Pensacola yang populer dan sebuah lapangan terbang angkatan laut penting, setelah Sally mencurahkan hujan hingga 61 sentimeter di seantero kabupaten itu.

Pihak berwenang Escambia mengumumkan larangan keluar rumah dari senja hingga subuh selama tiga hari mendatang. Badai juga melanda sebagian Three Mile Bridge yang baru dibangun yang membentang di atas Teluk Pensacola.

Sally kemudian melemah menjadi badai tropis sewaktu melewati perbatasan Florida menuju negara bagian Georgia dan South Carolina pada Rabu malam (16/9), dan akhirnya dikategorikan sebagai depresi tropis.

Kawasan pantai Navarre, Florida, AS, porak poranda diterjang Badai Sally, 16 September 2020. (Foto: VIVYD Magazine via REUTER).
Kawasan pantai Navarre, Florida, AS, porak poranda diterjang Badai Sally, 16 September 2020. (Foto: VIVYD Magazine via REUTER).

Tetapi Pusat Badai Nasional menyatakan sisa-sisa Sally akan menyebabkan hujan dengan curah tujuh hingga 16 sentimeter di beberapa bagian Georgia, South Carolina, North Carolina, dan Virginia.

Kedatangan Badai Sally pada hari Rabu lalu terjadi persis 16 tahun setelah Badai Ivan melanda kawasan itu sebagai badai kategori 3. Sally adalah badai ke-dua yang menerjang pantai Teluk Meksiko di AS dalam waktu kurang dari tiga pekan. [uh/ab]

XS
SM
MD
LG