Tautan-tautan Akses

Australia Tolak Danai Proyek Jalur Kereta Tambang Adani


Ketua Adani Grup, Gautam Adani, berbicara pada Vibrant Gujarat Global Summit 2017, di Kota Gandhinagar, 10 Januari 2017.

Rencana perusahaan tambang India, Adani, untuk membangun proyek raksasa tambang batu bara di Australia mengalami pukulan, setelah pemerintah Australia menyatakan Minggu (4/2), tidak akan mendanai pembangunan jalur kereta api ke tambang itu, AFP melaporkan.

Pembangunan tambang kontroversial Carmichael senilai $16 miliar dolar, di dekat kawasan terumbu karang Great Barrier Reef, sedianya akan menjadi salah satu yang terbesar di dunia. Tetapi proyek tersebut telah tertunda beberapa kali karena masalah aturan dan hukum.

Meskipun perjanjian sewa sudah ditandatangani 2016, Adani belum mendapat kucuran kredit dari pemerintah sebesar 790 juta dolar Australia untuk tahap pertama, pembangunan jalur kereta api sepanjang 189 kilometer dari tambang ke pelabuhan.

Anggota DPR Karen Andrews mengatakan, Canberra tidak akan memberikan kredit itu karena ada tentangan dari pemerintah negara bagian. Andrews mengatakan ia masih berharap proyek itu akan berjalan karena tambang itu sangat penting untuk lapangan kerja di Australia bagian utara. [ds/sp]

XS
SM
MD
LG