Tautan-tautan Akses

AS Serukan Kepada Korea Utara Agar "Terlibat Secara Diplomatik"


Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken dan Menteri Luar Negeri Inggris Dominic Raab dalam konferensi pers bersama di London, Inggris, Senin, 3 Mei 2021. (Foto: Chris J Ratcliffe/Pool via REUTERS)
Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken dan Menteri Luar Negeri Inggris Dominic Raab dalam konferensi pers bersama di London, Inggris, Senin, 3 Mei 2021. (Foto: Chris J Ratcliffe/Pool via REUTERS)

Amerika Serikat mengatakan, pihaknya siap untuk terlibat secara diplomatik dengan Pyongyang guna mencapai sasaran akhir, yakni denuklirisasi Semenanjung Korea, menyusul kajian kebijakan selama berbulan-bulan terhadap Korea Utara.

“Yang kita miliki sekarang adalah kebijakan yang menyerukan sebuah pendekatan praktis yang terkalibrasi, yang terbuka dan akan menelusuri diplomasi dengan Korea Utara, untuk mengusahakan kemajuan praktis yang meningkatkan keamanan bagi Amerika, sekutu kami, dan pasukan kami disana,” kata Menteri Luar Negeri Antony Blinken dalam konferensi pers virtual bersama Menlu Inggris Dominic Raab di London, Senin (3/5).

Raab mengatakan, Inggris dan Amerika “berbagi paradigma strategik” dan kedua negara akan saling mendukung upaya masing-masing.

Pada Jumat (30/4), pemerintahan Biden mengumumkan pihaknya telah menyelesaikan kajian dari kebijakan terhadap Korea Utara, dan mengutarakan keterbukaan dengan negara komunis yang mengucilkan diri itu. Amerika juga diduga akan menunjuk utusan khusus untuk menanggapi isu-isu HAM Korea Utara.

Korea Utara mengecam Amerika dan sekutu-sekutunya pada Minggu (2/5) dalam serangkaian pernyataan, katanya komentar terbaru dari Washington adalah bukti dari sebuah kebijakan yang bermusuhan.

Sebuah pernyataan dari Kwon Jong Gun, kepada urusan Amerika Utara di Kementerian Luar Negeri Korea Utara, memperingatkan, bahwa Pyongyang akan mengusahakan “langkah-langkah setara."

Dia juga mengatakan jika Washington berusaha mendekati hubungan dengan Pyongyang lewat “kebijakan yang sudah kadaluwarsa dan kuno” dari perspektif perang dingin, maka Amerika akan menghadapi sebuah krisis yang semakin tidak bisa ditanggungnya dalam waktu dekat ini. [jm/em]

XS
SM
MD
LG