Tautan-tautan Akses

AS: Penyelesaian Politis Jadi Satu-satunya Solusi Krisis Yaman


Seorang militan Houthi berjaga di atas atap sebuah gedung menghadap ke arah sesama rekan militan Houthi yang sedang berdemo memprotes devaluasi mata uang Yaman, Rial, di Sanaa, Yaman, 5 Oktober 2018.

Perang yang masih berkobar di Yaman tidak bisa diselesaikan secara militer melainkan harus ada upaya dari semua pihak yang berperang untuk mencari solusi politisnya, kata Duta Besar Amerika untuk Yaman kepada televisi Alhurra, yang dibiayai pemerintah Amerika pekan lalu.

Duta Besar Matthew Tueller mengatakan “saya berpendapat ada jalan kuat ke depan bersama konsensus internasional untuk melanjutkan upaya mencari solusi politis.” Ia menambahkan Amerika berkomitmen mencari solusi politis bagi konflik di negeri yang dilanda perang itu.

Sementara itu, Duta Besar Yaman untuk Amerika Ahmed Awad Bin Mubarak mengatakan kepada VOA bahwa meski pemerintahnya mendukung upaya Amerika dan PBB mencari solusi politis bagi perang itu, tekanan militer tetap diperlukan.

“Sampai sekarang kami berpendapat satu-satunya solusi bagi konflik di Yaman ialah solusi politis. Kami juga berpendapat dari pengalaman kami dengan Houthi bahwa mereka tidak akan datang ke meja perundingan kecuali jika ada tekanan militer pada tingkat tertentu,” kata Mubarak. [al]

XS
SM
MD
LG