Tautan-tautan Akses

AS Mungkin Kembalikan 2 Kompleks Diplomatik Rusia


Presiden AS Donald Trump saat menerima Menlu Rusia Sergey Lavrov di Gedung Putih, 10 Mei 2017 lalu (foto: dok).
Presiden AS Donald Trump saat menerima Menlu Rusia Sergey Lavrov di Gedung Putih, 10 Mei 2017 lalu (foto: dok).

Pemerintahan Trump sedang mempertimbangkan untuk mengembalikan dua kompleks diplomatik Rusia yang terletak di pantai timur Amerika setelah disita tahun lalu oleh pemerintahan Obama.

Kedua kompleks, satu di pesisir New York dan lainnya di pesisir Maryland, oleh pemerintahan Obama diduga dipakai untuk kegiatan intelijen dan diperintahkan untuk dikosongkan pada 29 Desember. Presiden Barack Obama juga mengenakan sanksi terhadap Rusia sehubungan campur tangannya dalam pemilihan presiden.

Presiden Donald Trump sekarang sedang mempertimbangkan apakah akan mengembalikan kedua kompleks itu kepada Moskow dan sebagai imbalannya Rusia memberi beberapa konsesi, demikian menurut laporan Washington Post dan Reuters.

Menurut beberapa sumber yang tidak disebutkan, pejabat Amerika telah berbicara dengan Moskow tentang pengembalian kompleks-kompleks ini kalau Rusia membatalkan larangan kegiatan konstruksi konsulat Amerika di St Petersburg dan berhenti mengganggu diplomat-diplomat Amerika di Rusia.

Proses perundingan ini masih dalam tahap dini, dan RC Hammond seorang pembantu Menlu Amerika Rex Tillerson, mengatakan kepada Washington Post, Amerika dan Rusia belum mencapai kesepakatan. [jm]

XS
SM
MD
LG