Tautan-tautan Akses

Arbitrase Internasional Bahas Klaim Pengusaha Rusia


Presiden Rusia Vladimir Putin (kiri) dan Sergei Pugachev (foto: dok).

Kamar Dagang Internasional akan mengadakan sidang arbitrase mengenai klaim orang kaya Rusia Sergei Pugachev sebesar $12 milyar dari pemerintah Rusia. Ini merupakan bagian dari sengketa lama Pugachev dengan pemerintahan Presiden Vladimir Putin.

Pemerintah Rusia menuduh Pugachev menggelapkan uang, sementara Pugachev menuduh negara Rusia dengan tidak sah mengambil alih galangan kapalnya dan asset lainnya. Pugachev mempunyai perusahaan yang sangat besar dalam tahun 1990-an.

Kuasa hukum Pugachev mengatakan dalam sidang hari Senin (17/4) di Paris, ia ingin membekukan asset pemerintah Rusia di luar negeri atau langkah-langkah ganjaran lain.

Badan asuransi deposito bank Rusia mengatakan Pugachev sengaja membuat banknya bangkrut dalam penipuan untuk memperoleh uang dari pemerintah.

Pihak berwenang telah membekukan asset Pugachev di Inggris dan Swiss dalam kasus tersebut dan ia dijatuhi hukuman di Inggris atas penghinaan terhadap pengadilan. Kejaksaan Rusia menghendaki agar Pugachev diekstradisi dari Perancis. [gp]

Opini Anda

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG