Tautan-tautan Akses

AS

Anggota Kongres yang Ditembak Pekan Lalu Dipindahkan dari ICU


Anggota Kongres Steve Scalise memberikan keterangan kepada wartawan di Trump Tower, New York, 12 Desember 2016. (Foto: dok)

Anggota Kongres Steve Scalise, yang ditembak dan menderita luka serius dalam serangan terhadap para anggota Kongres dari Partai Republik pekan lalu, kini berada dalam kondisi yang lebih baik dan telah dipindahkan dari unit perawatan intensif.

Anggota Kongres dari negara bagian Louisiana yang menduduki posisi penting di DPR itu “menunjukkan tanda pemulihan”, demikian pernyataan tertulis MedStar Washington Hospital Center, Sabtu (24/6). Ia diijinkan keluar dari unit perawatan intensif hari Kamis lalu (22/6). Sebelumnya Scalise telah menjalani beberapa pembedahan.

Seorang dokter senior di rumah sakit itu pekan lalu mengatakan Scalise yang berusia 51 tahun berada di ambang kematian ketika tiba di rumah sakit karena telah kehabisan begitu banyak darah akibat penembakan itu.

James Hodgkinson (66 tahun) yang menembak Scalise dan tiga orang lainnya, tewas dalam baku tembak dengan polisi di lapangan baseball di Alexandria, yang terletak di seberang Sungai Potomac, Washington DC. Ketika insiden terjadi Scalise dan sejumlah anggota Kongres dari Partai Republik sedang latihan menjelang pertandingan persahabatan tahunan antara tim anggota Kongres dari Partai Republik dan Partai Demokrat, yang sekaligus menjadi ajang pengumpulan derma.

Matt Mika, seorang pelobi bagi Tyson Foods, diijinkan keluar dari rumah sakit hari Jum’at (23/6).

Tiga orang lain yang juga luka-luka dalam insiden penembakan itu adalah seorang asisten anggota Kongres dan dua personil Capitol Police. [em]

XS
SM
MD
LG