Tautan-tautan Akses

AS

Anggota-Anggota Kongres Minta Perincian dan Konfirmasi tentang Terobosan Perdagangan Trump dengan China


Presiden Donald Trump dan Presiden China, Xi Jin-Ping memimpin delegasi masing-masing selama pertemuan bilateral pada Pertemuan Puncak G-20, 1 Desember 2018 di Buenos Aires, Argentina (foto: AP Photo/Pablo Martinez Monsivais)

Pesan-pesan bertentangan dari Gedung Putih tentang apa yang diakui sebagai terobosan dalam pertikaian perdagangan Amerika-China, serta kebisuan dari Beijing, menyebabkan banyak anggota kongres menjadi ragu-ragu tentang bagaimana situasi hubungan perdagangan antara kedua raksasa ekonomi ini.

Selama berhari-hari Presiden Trump memuji-muji persetujuan yang katanya dicapainya dengan rekan setaranya dari China, Xi Jin-ping di Argentina. Mulai dari penghentian sementara pertikaian perdagangan selama 90 hari, sampai komitmen China untuk membeli produk-produk pertanian Amerika, serta pengurangan cukai China terhadap impor mobil Amerika.

“Saya rasa ini langkah yang baik,” kata Senator Republik Thom Tillis dari North Carolina pada Selasa. “Sekarang, yang perlu kita lihat adalah pengakuan resminya, apakah ini didukung dengan tindakan nyata dari pihak China.”

Pejabat China sejauh ini tidak memberi konfirmasi atas terobosan perdagangan itu, dan tidak memberi komentar publik apa-apa. [jm]

Opini Anda

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG