Tautan-tautan Akses

Aksi Mogok Massal di Prancis Usik Transportasi Akhir Pekan


Para penumpang kereta api berjalan di Stasiun Gare de Lyon di Paris ketika pekerja kereta SNCF Prancis dan pekerja transportasi Prancis mogok kerja karena memprotes rencana reformasi pensiun pemerintah Perancis, 6 Desember 2019. (Foto: Reuters)

Aksi mogok massal terbesar dalam puluhan tahun di Prancis menyebabkan warga yang melakukan perjalanan merasa frustasi Sabtu (7/12). Para pengemudi truk memblokir jalan dan layanan transportasi penting terus menerus beroperasi jauh di bawah kapasitas normal.

Aksi yang dipimpin oleh serikat buruh, hari Kamis (5/12), itu dipicu oleh rencana Presiden Emmanuel Macron yang akan mengubah kebijakan pensiun. Usulan baru itu dikhawatirkan akan memaksa jutaan orang bekerja lebih lama atau menerima tunjangan lebih sedikit.

Para pengemudi truk memblokir jalan-jalan, Sabtu (7/12), di sekitar 10 wilayah di Prancis, Mereka memprotes usulan kenaikan pajak bahan bakar diesel bagi kendaraan komersial.

Para demonstran berompi kuning, yang turun ke jalan-jalan setiap Sabtu dalam setahun belakangan untuk menyuarakan frustasi terkait tingginya biaya hidup di Prancis, berupaya memanfaatkan aksi mogok nasional itu.

Ratusan demonstran tersebut melakukan protes baru, Sabtu (7/12), di Paris dan mereka bentrok dengan polisi di distrik Left Bank.

Transportasi di Prancis bermasalah Sabtu (7/12). Hanya satu dari 10 kereta regional dan satu dari 6 kereta cepat TGV yang beroperasi.

Penerbangan hampir pulih sepenuhnya setelah pihak berwenang mancabut pembatasan perjalanan. [vm/ah]

Lihat komentar (9)

Forum ini telah ditutup.

Recommended

XS
SM
MD
LG