Tautan-tautan Akses

Ribuan Orang di Banda Aceh Merayakan Ulang Tahun Perjanjian Perdamaian


Ribuan orang di kota Banda Aceh merayakan ulangtahun perjanjian perdamaian yang dicapai tahun lalu antara kelompok Gerakan Aceh Merdeka di provinsi Aceh dan pemerintah pusat di Jakarta.

Paling sedikit 100 ribu orang diperkirakan akan berkumpul di ibukota provinsi itu hari ini. Pada tanggal 15 Agustus tahun lalu, bekas pemberontak Aceh dan pihak berwenang Indonesia sepakat untuk mengakhiri konflik mereka yang telah berlangsung selama 29 tahun, yang menewaskan paling sedikit 15 ribu orang.

Rakyat Aceh memperoleh kewenangan yang lebih besar untuk memerintah diri sendiri sebagai imbalan pengakhiran perjuangan mereka untuk merdeka.Tetapi sejumlah aktivis menggunakan perayaan hari ini untuk mendesak pemerintah agar memberi pemerintah lokal kekuasaan lebih besar dari pada apa yang tercantum dalam undang-undang yang disahkan baru-baru ini. Negosiasi mengenai persetujuan damai itu terjadi dalam bulan-bulan setelah bencana dahsyat gempa bumi dan tsunami di Lautan India pada bulan Desember 2004. Aceh adalah daerah paling dekat ke pusat gempa, dan daerah itu mengalami rusak berat. Lebih dari 150 ribu orang tewas dalam bencana itu.

XS
SM
MD
LG