Tautan-tautan Akses

Israel Resmi Serahkan Kota Yerikho Kepada Pasukan Palestina - 2005-03-17


Israel telah menyerahkan dengan resmi kota Yerikho di Tepi Barat kepada pasukan Palestina.

Pasukan Israel menurunkan bendera nasional mereka dan membongkar sebuah pos pemeriksaan utama selagi pasukan Palestina mengambil posisi di dalam kota itu. Para panglima tertinggi kedua pihak menyelesaikan masalah surat-menyurat di menit terakhir dan menandatangani persetujuan meresmikan pengalihan itu.

Israel masih menguasai dua pos pemeriksaan di luar Yerikho, tetapi pasukan telah melonggarkan prosedur pengamanan untuk mempetmudah perjalanan ke kota itu.

Yerikho merupakan yang pertama dari lima kota bersama Tulkarem, Qalqiliyah, Ramallah dan Bethlehem yang dalam rencana Israel akan diserahkan ke bawah penguasaan Palestina.

Sementara itu, televisi Israel melaporkan bahwa kaum ekstremis Yahudi merencanakan untuk mengambilalih tempat suci Temple Mount atau Haram al-Sharief di Yerusalem dalam usaha menyabot rencana pengunduran Israel dari Gaza.

Juga hari Rabu di Kairo, para pejabat Mesir dan Palestina serta para pemuka militan Palestian membahas usul penghentian satu-tahun serangan Palestina terhadap sasaran-sasaran Israel.

XS
SM
MD
LG