Tautan-tautan Akses

Majelis Nasional Sementara Irak Mengadakan Sidang di Baghdad - 2005-03-16


Parlemen Irak yang dipilih secara bebas untuk pertama kalinya dalam waktu hampir setengah abad memulai sidang pertamanya Rabu ini, namun perundingan untuk membentuk pemerintahan masih berlanjut.

Majelis Nasional sementara Irak yang beranggotakan 275 orang itu mengadakan sidang di tengah penjagaan keamanan yang ketat di Balai Sidang di Baghdad di Zona Hijau yang dibentengi di kota itu.

Beberapa menit sebelum sidang dibuka, serentetan ledakan mengguncang daerah tersebut. Tidak segera diketahui apa penyebab ledakan-ledakan itu atau apakah ada jatuh korban.

Sementara itu, para politikus Shi’ah dan Kurdi Irak melanjutkan perundingan untuk membentuk pemerintahan koalisi.

Aliansi Irak Bersatu yang didominasi oleh kelompok Shi’ah memiliki jumlah kursi terbanyak dalam majelis nasional Irak, namun mereka memerlukan dukungan kelompok Kurdi untuk memperoleh dua pertiga suara mayoritas yang diperlukan untuk memilih dewan kepresidenan, yang kemudian akan memilih perdana menteri.

Sementara itu, di Baquba, di sebelah utara Baghdad, sebuah bom mobil meledak di pos pemeriksaan keamanan Rabu ini, menewaskan sekurang-kurangnya tiga orang tentara Irak.

XS
SM
MD
LG