Tautan-tautan Akses

Menlu Rice Serukan Iran Memanfaatkan Tawaran-Tawaran Diplomatik Penyelesaian Krisis Nuklir - 2005-02-05


Condoleeza Rice, menteri LN Amerika yang baru telah menyerukan pada Iran supaya memanfaatkan tawaran-tawaran diplomatik yang diajukan padanya untuk menyelesaikan krisis nuklir yang terus membara. Ini dikatakan oleh Rice hari Jumat di Berlin setelah bertemu dengan Kanselir Jerman Gerhard Schroeder. Kanselir Schroeder adalah penentang kuat serbuan pimpinan Amerika ke Irak, dan mendorong supaya ketegangan dengan Iran diselesaikan secara diplomatis. Katanya, Jerman, Perancis dan Inggris sedang mencari cara yang mungkin untuk menyelesaikan masalah program nuklir Iran itu. Kata Condoleeza Rice, sampai saat ini Amerika belum menentukan apakah akan melancarkan serangan atas Iran.

Inggris, Perancis dan Jerman akan mengadakan perundingan baru dengan Iran minggu depan di Jenewa, dengan harapan akan bisa meyakinkan Iran supaya menghentikan proyek nuklirnya. Kemarin, pemerintah Iran dengan tegas membantah tuduhan Presiden Bush bahwa negeri itu sedang berusaha untuk membuat senjata nuklir, mendukung aksi-aksi terror dan merampas hak-hak dan kebebasan rakyatnya. Kemarin, para diplomat Eropa mengatakan, Iran sedang menguji-coba peralatan yang dipakai untuk memperkaya uranium, yang bisa dijadikan senjata nuklir. Kata sebuah kelompok oposisi Iran yang tinggal di pengasingan, Iran telah membuat atau membeli dua bagian penting senjata nuklirya yaitu alat pemicu bom nuklir. Tapi tuduhan itu tidak bisa dikonfirmasikan oleh pihak yang independen.

Sementara itu, kata Presiden Bush, dia yakin suatu penyelesaian damai antara Palestina dan Israel akan bisa dicapai. Ketika berbicara dimuka sebuah rapat umum di negara bagian Nebraska, Presiden Bush mengatakan, suksesnya pemilihan umum belum lama ini di Palestina menunjukkan adanya suatu kesempatan untuk mencapai perdamaian di Timur Tengah.

XS
SM
MD
LG