Tautan-tautan Akses

Kaum Pemberontak di Irak Kembali Melakukan Serangan Maut  - 2005-01-27


Kaum pemberontak di Irak melakukan serangan maut lagi hari Kamis ini, melanjutkan aksi kekerasan mereka menjelang pemilihan nasional hari Ahad yad.

Para petugas rumah sakit menyatakan sekurang-kurangnya tiga orang tewas dalam serangan bom di Mahmudiyah, 30 kilometer di sebelah selatan Baghdad. Di Baquba, pembom mobil bunuh diri menewaskan seorang anggota polisi dan mencederai beberapa lainnya. Ledakan bom pinggir jalan menewaskan satu orang di Tikrit.

Hari Rabu kemarin, Menteri Pertahanan Amerika Donald Rumsfeld mengatakan dia memperkirakan aksi kekerasan akan terus berlanjut setelah pemilihan hari Ahad yad, dalam periode yang disebutnya periode ketidakpastian ketika hasil pemilihan diperiksa dan pemerintahan baru dibentuk.

Presiden Bush mendorong warga Irak untuk memilih hari Ahad yad. Dia mengatakan warga Irak harus menentang kaum teroris yang disebutnya takut pada masyarakat yang bebas.

Pernyataannya itu keluar pada hari paling tragis bagi pasukan Amerika di Irak sejak invasi pada bulan Maret 2003. Tiga puluh satu personil militer Amerika tewas ketika pesawat helikopter Amerika jatuh dan enam orang lainnya tewas dalam serangan oleh kaum pemberontak.

XS
SM
MD
LG