Tautan-tautan Akses

Gempa Bumi Susulan Terjadi di Lepas Pantai Sumatra - 2005-01-10


Gempa bumi susulan terjadi di lepas pantai Sumatra, tidak jauh dari lokasi gempa bulan lalu yang menyebabkan terjadinya gelombang tsunami dahsyat.

Tidak ada laporan mengenai korban yang cedera atau kerusakan akibat gempa hari Senin ini yang berkekuatan 6,2 SR, yang terjadi di tengah laut kira-kira 60 kilometer dari kota Banda Aceh. Puluhan ribu orang tewas di Aceh akibat bencana yang terjadi tanggal 26 Desember baru lalu itu.

Sejak gempa bumi pertama yang berkekuatan 9,0 SR itu, Lembaga Survei Geologi Amerika telah mencatat lebih dari 150 gempa susulan yang berkekuatan 5,0 atau lebih kuat dari itu. Sementara itu, pihak militer Amerika menghentikan selama beberapa jam penerbangan pesawat pesawat mereka yang membawa barang-barang bantuan di Aceh setelah sebuah pesawat helikopter Angkatan Laut Amerika yang membawa barang-barang bantuan ke daerah itu jatuh hari Senin ini, mencederai dua orang.

Sekretaris Jenderal PBB Kofi Annan hari Ahad malam bertemu dengan Presiden Maladewa Maumun Abdul Gayoom pada tahap terakhir kunjungan selama tiga hari pemimpin PBB itu mengunjungi daerah daerah yang terkena bencana tsunami. Hari Senin ini, Annan mengunjungi dua pulau yang seluruh penduduknya kehilangan tempat tinggal akibat bencana itu.

XS
SM
MD
LG