Tautan-tautan Akses

Korban Jiwa Akibat Tsunami Terus Bertambah - 2004-12-30


Angka kematian di Indonesia terus bertambah sementara para pejabat mulai meninjau pesisir utara Sumatra yang remuk-redam. Pejabat-pejabat PBB setempat hari Rabu memperingatkan bahwa angka kematian seluruhnya nanti di Indonesia bisa mencapai 80,000. Regu SAR masih belum bisa mencapai banyak desa terpencil, tetapi pejabat-pejabat yang meninjau daerah-daerah itu dari pesawat melaporkan kemusnahan yang meluas.. Seorang jenderal Indonesia yang meninjau daerah pesisir dengan helikopter mengatakan 75 persen pesisir barat provinsi Aceh sudah musnah.

Pejabat -pejabat mengatakan mereka telah mengumpulkan 3,400 mayat di Meulaboh. Seorang pejabat PBB mengatakan angka kematian di kota itu mungkin bisa mencapai 40,000. Kota-kota pesisir di Aceh termasuk di antara yang paling remuk akibat gempabumi dan tsunami. Meski, saat ini angka kematian akibat tsunami dahsyat di Asia Selatan hampir 80,000 – tetapi seorang pejabat tinggi Amerika mengatakan jumlahnya mungkin lebih tinggi lagi. Direktur badan bantuan Amerika, USAID, Andrew Natsios, memberitahu jumpa pers hari Rabu bahwa pejabat-pejabat USAID di kawasan itu mengatakan banyak orang masih dinyatakan hilang dan berbagai daerah di negara-negara yang terkena dampaknya sampai sekarang belum terjangkau. Natsios mengatakan ia menduga angka kematian akan lebih tinggi di ke-12 negara yang terkena dampak tsunami. Ia juga mengulangi peringatan bahwa berbagai penyakit seperti kolera dan tiphus bisa merenggut nyawa dalam jumlah yang lebih besar lagi.

Sebegitu jauh, Indonesia yang paling parah terkena dampaknya, dengan mencatat kurang lebih 45,000 kematian. Natsios mengatakan regu SAR belum bisa menjangkau daerah-daerah luas di Sumatra. Menurut perkiraan dia, angka kematian akan bertambah di Sumatra karena pulau itu diterjang oleh tsunami dan gempa-bumi di dasar laut yang dasyat berukur 9,0 pada skala Richter yang menyulut bencana itu. Rabu pagi, Palang Merah Internasional mengatakan jumlah yang tewas bisa mencapai 100,000 karena tidak banyak yang diketahui mengenai pulau-pulau di India, Nikobar dan Andaman. India melaporkan 10,000 korban jiwa sebegitu jauh. Sri Lanka melaporkan korban jiwa sejauh ini 22,000. Di Thailand korban jiwa mencapai 1600. Korban jiwa juga dialami oleh Birma, Bangladesh, Malaysia, Maladewa, Tanzania, Somalia, Kenya dan Seychelles.

Sementara itu, Ribuan wisatawan Barat masih belum diketahui nasibnya di Asia Selatan dan Asia Tenggara hampir empat hari setelah bencana tsunami hari Minggu.

Departemen Luar Negeri Amerika mengatakan pihaknya kini hendak memastikan keberadaan 2,000 sampai 3,000 orang Amerika di kawasan itu yang sampai sekarang tidak diketahui nasibnya.

Ketika berbicara kepada para wartawan hari Rabu, jurubicara Richard Boucher mengatakan orang hendaknya jangan berasumsi yang terburuk tetapi menganjurkan orang Amerika di kawasan itu, supaya meminjam ucapannya, menelpon ibu mereka.

Negara-negara Eropa juga kini mencari wisatawan yang hilang. Italia mengatakan 600 warganya masih belum diketahui keberadaannya, sementara Jerman dan Swedia, masing-masing mencari 100o warganya.

Angka kematian orang Barat sebegitu jauh relatif rendah mengingat dashyatnya bencana itu. Amerika mengukuhkan 12 warganya tewas, sementara Inggris mengatakan korban jiwa di pihak mereka 20, Italia 14 dan Jerman 26.

XS
SM
MD
LG