Tautan-tautan Akses

Parlemen Ukraina Buka Sidang Darurat Perdebatkan Keabsahan Hasil Pemilu - 2004-11-27


Parlemen Ukraina telah membuka sidang darurat untuk memperdebatkan pemilihan presiden putaran tambahan yang disengketakan.

Para anggota parlemen Sabtu ini tidak memiliki kekuasaan untuk mengubah hasil pemungutan suara pemilu Ahad baru lalu. Namun, penilaian mereka atas situasi pemilu dapat mempengaruhi Mahkamah Agung ketika mahkamah barsidang Senin mendatang untuk mempertimbangkan laporan-laporan oleh golongan oposisi dan para pemantau internasional bahwa terjadi kecurangan secara luas dalam pemilu itu.

Juga menurut rencana Sabtu ini akan bertemu komite multi-lateral yang diberi tugas untuk memecahkan terjadinya kebuntuan politik. Komite itu terdiri dari para wakil dari kedua calon presiden -- yakni dari golongan oposisi sebagai penantang, Viktor Yushchenko, dan PM dukungan Moskow, Viktor Yanukovych.

Ketika Yuchshenko berpidato di muka ribuan pendukungnya yang berdemonstrasi di Kiev sejak Ahad lalu, Jumat malam kemarin, dia menyerukan diadakannya lagi pemilu presiden pada 12 Desember. Hasil resmi pemilu yang dipersengketakan menunjukkan politisi yang pro barat hanya kalah dengan selisih suara sangat tipis dari saingannya.

XS
SM
MD
LG