Tautan-tautan Akses

APEC akan Memulai lagi Perundingan Mengenai Perdagangan Dunia  - 2004-11-18


Para menteri perdagangan dari forum Kerjasama Ekonomi Asia-Pasifik (APEC) mengatakan mereka akan berusaha memulai lagi perundingan mengenai perdagangan dunia yang bertujuan untuk menghapuskan hal-hal yang menghalangi perdagangan dan memacu ekonomi dunia.

Para pejabat tinggi yang mewakili 21 negara itu membuat komitmen hari Rabu kemarin dalam pertemuan setingkat menteri di kota Santiago, Chili.

Menteri Luar Negeri Amerika Colin Powell, yang bertemu dengan para menteri APEC Rabu malam, mengatakan Presiden Bush juga akan menyampaikan dukungannya terhadap perdagangan bebas dalam pertemuan puncak dua hari APEC yang dibuka di Santiago Sabtu baru lalu.

Anggota Organisasi Perdagangan Dunia(WTO) meluncurkan agenda perdagangan bebas yang ambisius dalam perundingan di Qatar pada tahun 2001, namun usaha itu terhenti dua tahun kemudian di Meksiko akibat pertikaian sengit mengenai subsidi pertanian.

Perundingan setingkat menteri hari Rabu kemarin terjadi ditengah bentrokan hebat antara polisi huru-hara Chili dan para demonstran anti-globalisasi

XS
SM
MD
LG