Tautan-tautan Akses

Pemimpin Dunia Desak Israel dan Palestina Manfaatkan Peluang Perdamaian Pasca Arafat - 2004-11-12


Pemimpin seluruh dunia mendesak Israel dan Palestina memanfaatkan apa yang oleh banyak orang dipandang sebagai peluang baru bagi perdamaian setelah kematian Yasser Arafat.

Presiden Bush hari ini menghimbau kedua pihak dan masyarakat internasional untuk membantu mencapai sasaran apa yang ia sebut sebuah Palestina yang merdeka dan demokratis yang berdamai dengan tetangga-tetangganya.

Perdana Menteri Inggris Tony Blair mengatakan Inggris akan bekerjasama dengan pihak-pihak lain dalam membantu Israel dan Palestina mewujudkan apa yang ia sebut penyelesaian yang adil dan kekal.

Mantan Presiden Clinton dan Jimmy Carter menyatakan simpati dan berharap negara Palestina yang damai akan lahir.

Di Yerusalem, Perdana Menteri Israel Ariel Sharon mengatakan, kematian Arafat mungkin merupakan “titik balik sejarah” bagi Timur Tengah. Katanya kemajuan bergantung pada apakah para pemimpin baru Palestina akan menindak keras kelompok-kelompok militan.

Sekretaris Jenderal PBB Kofi Annan memerintahkan bendera di markasbesar PBB dikibarkan setengah tiang. Kuba dan Korea Utara mengumumkan hari berkabung nasional selama 3 hari.

XS
SM
MD
LG