Tautan-tautan Akses

Dick Cheney Membela Kebijakan Bush Untuk Melancarkan Perang  Pencegahan - 2004-07-28


Wakil Presiden Amerika Dick Cheney membela kebijakan pemerintahan Bush untuk melancarkan perang pencegahan, sehari setelah kebijakan itu menjadi sasaran serangan di konvensi nasional Partai Demokrat.

Berbicara di sebuah pangkalan militer California hari Selasa, Cheney mengatakan Presiden Bush bertekad untuk mengenyahkan ancaman terhadap keamanan Amerika sebelum ancaman itu menjadi kenyataan. Ia mengatakan itulah alasan mengapa Amerika mengambil tindakan terhadap Saddam Hussein.

Cheney mengatakan "serangan teroris tidak disebabkan oleh penggunaan kekuatan -- serangan itu itu dilakukan karena persepsi ada kelemahan."

Di konvensi hari Senin, mantan Presiden Jimmy Carter menyebut strategi perang pencegahan itu "mengganggu pikiran". Ia mengatakan kebijakan itu telah menjauhkan Amerika dari sekutu-sekutunya, membuat sahabat-sahabat Amerika tidak senang, dan musuh-musuh Amerika berterimakasih."

Pemerintahan Bush berpegang teguh pada klaim bahwa Saddam merupakan ancaman meskipun koalisi tidak dapat menemukan senjata penghancur masal di Irak.

XS
SM
MD
LG