Tautan-tautan Akses

Irak Dan Suriah Bersepakat Mengenai Keamanan Perbatasan - 2004-07-12


Irak mengatakan telah mencapai persetujuan dengan Suriah untuk menutup perbatasan bersama mereka sepanjang 600 kilometer, dalam suatu langkah untuk menghentikan pejuang-pejuang asing memasuki Irak. Berbicara di Damsyik, wakil PM Irak Barham Saleh yang sedang berkunjung ke negara itu mengatakan persetujuan itu mengharuskan pasukan keamanan khusus dari kedua negara bekerjasama untuk menghentikan arus militan asing. Sementara itu, pejabat-pejabat militer Amerika mengatakan seorang prajurit koalisi, seorang sipil Irak dan seorang pemberontak tewas hari ini dalam serangan dekat Mosul di Irak utara. Para pejabat mengatakan sebuah bom jalan di kota Samarra menewaskan dua prajurit Amerika dan mencederai tiga lainnya.

Secara terpisah, sebuah kelompok militan pimpinan orang yang dicurigai sebagai pemimpin teroris yang sedang dicari-cari, Abu Musab Al Zarqawi, telah menyatakan bertanggung-jawab atas serangan pekan lalu yang menewaskan lima prajurit Amerika dan sekurangnya seorang anggota Pengawal nasional Irak di utara Baghdad.

Sebuah pernyataan dari militan pimpinan Zarqawi yang tercantum dalam sebuah situs internet Islamis mengatakan markas besar Pengawal Nasional Irak diserang dengan mortir hari Kamis di Samarra. Pernyataan itu juga mengatakan korban koalisi jauh lebih besar daripada yang dilaporkan oleh pejabat-pejabat koalisi.

Abu Musab al-Zarqawi, seorang Yordania, dianggap sebagai orang yang paling diharapkan untuk ditemukan dan tercantum dalam daftar orang yang dicurigai sebagai teroris yang sekarang sedang dicari-cari di Irak. AS menawarkan hadiah 25 juta dolar bagi penangkapan terhadap dirinya.

XS
SM
MD
LG