Tautan-tautan Akses

Rakyat Amerika di Washington Berikan Penghormatan Terakhir Terhadap Reagan - 2004-06-10


Rakyat Amerika memberikan penghormatan terakhir kepada mantan Presiden Ronald Reagan, sementara jenazahnya dibaringkan di balairung Gedung Kongres di Washington. Ribuan orang mulai berbaris dengan tertib dan khidmat melewati peti-jenazah mulai Rabu malam kemarin, menyampaikan penghormatan dan perasaan mendalam terhadap mendiang presiden Amerika yang ke 40 itu. Sebelumnya, dilangsungkan upacara mengenang Presiden Reagan yang dihadiri oleh para anggota keluarga Reagan dan tamu-tamu terkemuka. Dalam sambutannya, Wakil Presiden Amerika Cheney memuji Presiden Reagan dan antara-lain mengatakan bahwa mendiang presiden Reagan adalah pemenang dalam Perang Dingin dengan Uni Soviet. Jenazah Presiden Reagan yang amat dikagumi oleh banyak orang itu, akan dibaringkan di Gedung Kongres hingga hari Jumat pagi, dan setelah itu akan dibawa ke Gereja Katedral Nasional, tempat penyelenggaraan Kebaktian Pemakaman baginya. Banyak pemimpin dunia dari masa lalu dan sekarang dan tamu-tamu terkemuka lain akan hadir, di antaranya, mantan pemimpin Soviet Mikhail Gorbavhev dan mantan Perdana Menteri Inggris, Margaret Thatcher. Pada hari Jumat besok, setelah kebaktian, jenazahnya akan diterbangkan kembali ke California untuk dimakamkan dalam upacara tertutup pada saat matahari terbenam - di halaman perpustakaannya di dekat Los Angeles.

Kereta kuda yang membawa jenazah mantan Presiden Ronald Reagan berjalan menuju gedung Capitol melalui Constitution Avenue di Washington. Di Gedung Kongres itu, jenazah akan semayamkan dalam upacara kenegaraan. Peti jenazah Reagan tiba dari Kalifornia di pangkalan angkatan udara Andrews, di pinggir kota Washington, dan diangkut dengan mobil jenazah ke Gedung Putih, dimana jenazah dipindahkan ke atas kereta kuda untuk meneruskan perjalanan ke gedung Capitol atau gedung Kongres Amerika. Puluhan ribu orang berderet di jalan-jalan untuk memberi penghormatan, dan pengamanan ketat. Pesawat tempur militer terbang di atas barisan penghantar jenazah sebagai penghormatan kepada Reagan. Jenazah akan dibaringkan di ruang Rotunda, Capitol, sampai hari Jumat ketika upacara kebaktian nasional diselenggarakan untuk mengenang Presiden yang ke-40 Amerika itu, Reagan akan dimakamkan dalam upacara tertutup jumat malam di Kalifornia.

Sehubungan dengan pekan berkabung atas meninggalkanya mantan Presiden Ronald Reagan, kampanye pemilihan Presiden telah dihentikan untuk sementara. Presiden Bush dan bakal saingannya dari partai demokrat, Senator John Kerry, mengatakan mereka tidak akan berkampanye sementara negara berkabung pekan ini, dan telah membatalkan setiap acara kampanye yang telah dijadwalkan. Kedua capres akan menghadiri upacara kebaktian mengenang Reagan di Kathederal nasional di Washington hari Jumat. Presiden Bush akan menyampaikan pidato kenangan. Liputan berita di Amerika pekan ini telah didominasi oleh acara mengenang Reagan dan laporan mengenai riwayat hidup serta jasa-jasanya.

XS
SM
MD
LG