Tautan-tautan Akses

Halo VOA - 2002-08-20


Halo VOA Kamis, 22 Agustus 2002, jam 05:30 - 06:30 WIB di Indosiar

Lima puluh tujuh tahun sudah usia Republik Indonesia. Dalam usia yang hampir enam dekade ini kita telah mengenal lima orang presiden dan lebih dari sepuluh kabinet berbeda, ditingkah suasana politis yang ikut beragam. Kini Indonesia bangkit sebagai demokrasi baru, yang lebih menyadari keberadaannya dalam peta internasional. Tapi di saat yang sama bangsa ini juga menghadapi begitu banyak tantangan dalam pembangunan politik, ekonomi, sosial dan budaya. Misalnya saja kala melihat ke dalam lingkungan bangsa kita akan menjumpai ancaman keretakan di sana sementara pengaruh arus global terus datang tak tersaring.

Berkaitan dengan hal ini, Halo VOA akan mengambil topik: “Para Pendiri Publik: Seberapa Jauh Kita Mencapai Impian Mereka?” (The Founding Fathers: Are We Achieving Their Dreams?)

Akan hadir di studio VOA Washington, Dr. Ben Anderson, yang baru saja pensiun mengajar di Cornell University, Ithaca, New York. Pria kelahiran Cina ini dulu mengajar kelas ‘Politik di Asia Tenggara.’ Ia telah berpuluhan tahun berkecimpung dalam penelitian tentang kebudayaan dan politik Indonesia, yang cenderung berbau kritis. Pada masa pemerintahan Suharto Anderson sempat dilarang berkunjung ke Indonesia. Baru dalam era Habibie ia diperbolehkan kembali ke sana.

Anderson telah banyak melahirkan buku-buku tentang Indonesia, yang biasanya ia tulis dengan memakai pendekatan budaya. Dua bukunya yang paling terkenal adalah “The Idea of Power in Javanese Culture” (1972) dan “Professional Dreams: Reflections on Two Javanese Classics” (1984).

Bergabunglah bersama pembawa acara Abdul Nur Adnan, pada hari Kamis, 22 Agustus 2002, jam 05:30 - 06:30 WIB di Indosiar. Anda juga tetap bisa mengikuti acara ini lewat radio.

CARA BERPARTISIPASI:

*Jangan lupa, sekarang Anda dapat menghubungi kami secara langsung--dan gratis--dari rumah. Hubungi kami pada saat berlangsungnya acara Halo VOA dan Halo Amerika.

- Bila Anda memiliki fasilitas Sambungan Langsung Internasional (SLI), Anda tinggal menelpon nomor 001-1-803-015-200-5639. Biaya telpon akan dibebankan pada kami.

- Tidak mempunyai SLI? Tenang saja, Anda masih tetap menghubungi kami secara cuma-cuma lewat collect call. Angkat gagang telpon Anda, hubungi operator di nomor 101 atau 104, dan minta dihubungkan ke nomor 202-619-3483. Jadi, kami tunggu partisipasi Anda!

XS
SM
MD
LG