Tautan-tautan Akses

Duhalde Tetapkan Pemilu September 2003 - 2002-02-06


Presiden Argentina Eduardo Duhalde telah menetapkan pemilihan umum negara itu pada bulan September 2003 mendatang. Sementara, pemerintahannya saat ini sedang mempersiapkan anggaran yang ketat yang bertujuan untuk mengangkat negara ini dari krisis ekonomi.

Presiden Duhalde, yang berbicara melalui radio pemerintah Selasa kemarin mengatakan, para pemilih akan menentukan pilihan mereka pada pemilu tanggal 14 September 2003 mendatang. Keputusan ini menunjukkan bahwa Duhalde menolak desakan untuk menyelenggarakan pemilu secepatnya untuk memperkuat mandatnya.

Dalam pernyataannya, Duhalde menegaskan kembali niatnya untuk menjabat hingga berakhirnya masa jabatan presiden terpilih sebelumnya Fernando de la Rua, yang mengundurkan diri Desember lalu setelah terjadi gelombang demonstrasi di jalan-jalan.

Duhalde berjanji akan melakukan pembaruan pemilu secara menyeluruh, termasuk kampanye singkat selama satu bulan. Dalam masa kampanye itu, partai-partai politik akan dibatasi dalam membelanjakan anggaran kampanye mereka yang datang dari pemerintah. Duhalde mengatakan, dia tidak berniat untuk mencalonkan diri dalam pemilu 2003 tersebut.

Selasa kemarin, pemerintah Argentina kemungkinan akan mengajukan anggaran yang ketat untuk mengurangi defisit anggaran secara besar-besaran.

Bank-bank Argentina tetap tutup Selasa kemarin setelah pemerintah memutuskan untuk mengambangkan mata uang peso yang didevaluasi di pasar terbuka Rabu ini, untuk mengakhiri kontroversi sistem mata uang ganda.

XS
SM
MD
LG