Tautan-tautan Akses

Serangan ke  Pos Militer Israel di Gaza: 3 Tentara Israel Tewas - 2001-08-25


Tiga orang tentara Israel, termasuk seorang perwira, dan dua orang militan Palestina, tewas dalam tembak-menembak semalam dalam serangan terhadap sebuah pos tentara di sebuah permukiman Yahudi, di Jalur Gaza. Israel mengatakan, tujuh orang tentara lain cedera dalam bentrokan sengit di dekat kota Yunis Khan di Gaza bagian selatan itu, setelah kaum militan Palestina menyusup ke dalam pangkalan militer Margarit dan menyerang dengan senapan mesin dan granat.

Front Demokrasi Bagi Pembebasan Palestina mengatakan, pihaknya melancarkan serangan itu sebagai balasan atas serangan yang dilakukan Israel. Israel menutup jalan utama yang digunakan orang Palestina di kawasan itu, dan Palestina mengosongkan beberapa bangunan di sana, menghadapi kemungkinan serangan balasan Israel. Bentrokan juga terjadi di bagian-bagian lain Palestina, termasuk dekat Hebron dan Betlehem di Tepi Barat.

Kekerasan terbaru ini terjadi sehari setelah Presiden Bush mendesak pemimpin Palestina Yasser Arafat agar berusaha lebih keras menghentikan kegiatan teroris. Berbicara di rumah peternakannya di Texas, Presiden Bush mengatakan, kekerasan harus dihentikan sebelum dialog dengan Israel dapat dilangsungkan. Ia juga mendesak Israel agar mengekang diri.

Yasser Arafat sedang berada di Malaysia, dalam persinggahan terakhir lawatan ke Asia Tenggara untuk menggalang dukungan bagi Palestina. Ia mengatakan, rakyat Palestina dikepung tentara Israel yang menggunakan senjata buatan Amerika. Sementara itu, untuk sekarang ini, Palestina memutuskan untuk tidak mengusahakan agar Dewan Keamanan PBB melakukan pemungutan suara mengenai resolusi tentang krisis di Timur Tengah. Wartawan VOA Breck Ardery mengirim laporan dari markas PBB di New York (dengarkan audio file di bagian atas berita).

XS
SM
MD
LG