Tautan-tautan Akses

Pejabat Taleban Adakan Pawai HUT Kemerdekan Afghanistan, Kabul Diserbu Serangan Roket - 2001-08-20


Pejabat-pejabat Taleban mengadakan pawai militer dengan pesawat-pesawat tempur dan ratusan tentara memperingati hari kemerdekaan Afghanistan. Sampai 10.000 orang dikabarkan menghadiri unjuk kekuatan hari Ahad itu di ibukota Kabul.

Spanduk-spanduk besar di kota itu menyatakan persekongkolan yang mau merusak rakyat Afghanistan dan umat Islam akan gagal. Para pejabat Taleban bergaris keras itu terus menahan delapan pekerja bantuan asing yang dituduh menyebar-luaskan agama Kristen. Mereka ditahan dua pekan yang lalu, bersama-sama dengan 16 anggota staf Afghanistan. Taleban menolak memberikan kesempatan kepada para diplomat asing untuk menengok tahanan.

Sebelumnya, beberapa roket jatuh di dekat bandar udara Kabul, Afghanistan. Laporan dari Kabul mengatakan, tujuh roket jatuh di utara bandar udara hari ini. Belum ada laporan mengenai korban atau kerusakan. Pasukan yang menentang Taliban dituduh sebagai pelaku serangan itu, tetapi kelompok oposisi utama, Aliansi Utara, belum menyatakan bertanggungjawab. Taliban menguasai lebih dari 90 persen wilayah Afghanistan, dengan kantong-kantong perlawanan umumnya di bagian utara negeri itu. Perang saudara berkecamuk di Afghanistan selama dua dasawarsa ini, meskipun dalam beberapa bulan ini tidak banyak laporan tentang terjadinya pertempuran.

XS
SM
MD
LG